Garuda di kostum PSSI

Salam sejahtera,

Kenapa pencantuman lambang garuda di kostum tim keseblasan nasional RI digugat?

Memang benar, gambar garuda merupakan suatu simbol resmi suatu negara yang berdaulat yaitu indonesia dan pemilihan suatu gambar menjadi simbol negara bukanlah merupakan hal yang asal asalan karena mengandung berbagai macam kriteria yang objektif ketika memilih suatu gambar menjadi simbol suatu lembaga atau negara.

Lambang negara merupakan suatu simbol eksistensi suatu bangsa dan negara disamping simbol lain yaitu bendera.

Burung Garuda(BG) sebagai lambang negara kita selalu menghiasi berbagai macam atribut atribut pemerintahan dari pusat sampai ke daerah-daerah, namun demikian hal tersebut bukan berarti BG hanya bisa digunakan oleh pemerintah saja.

BG identik dengan indonesia, ketika kita melihat BG, yang ada dalam benak kita adalah indonesia dari sabang sampai merauke dengan segala kandungan lainnya tentang indonesia. Jika ada pihak yg menghina BG maka segenap indonesia akan marah namun apa bila BG disanjung atau ditempatkan ditempat yg layak, maka segenap indonesia akan bangga.

Terlepas dari aturan tentang perlakuan terhadap BG, saya berpendapat bahwa tiadak ada salahnya apabila tim PSSI menggunakan lambang burung garuda pada kostum resmi mereka, bukankah misi tim PSSI adalah mewakili indonesia dalam hal persepak bolaan internasional adalah merupakan tugas negara? Tentunya tidak salah apabila petugas misi negara memakai atribut negara walaupun kalah sekalipun, dari pada memakai garuda terus setiap hari ketika dinas tapi ternyata suatu saat ditemukan melakukan tindakan pidana.

Dari sisi hukum, apakah lambang garuda sudah dipatenkan oleh pihak tertentu sehingga pihak tersebut melakukan klaim jika penggunaan lambang garuda tersebut tidak membayar royalty kepada pemegang hak paten tersebut?

Sudalah santai aja, ga usah berlebihan, bnyk masalah yg lebih penting…

Salam jTN

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s