Selamat hari natal

Selamat malam natal,

setiap kali kita merayakan natal, yang ada dalam benak kita adalah kue natal, lagu natal, baju natal, kado natal, pohon natal dan masih banyak lagi assesories lainnya tentang natal.

Bukan hanya natal, tapi semua hari raya selalu memiliki simbol2 tertentu yang berkaitan dengan hari raya tersebut.

Hari natal adalah hari raya yang memperingati kelahiran yesus kristus, dimana kelahirannya adalah untuk mengemban misi mulia yaitu menyampaikan mengabarkan kabar baik bagi dunia, bukan hanya bagi orang kristen.

Perkembangan peradaban manusia yang semakin moderen mengakibatkan hal hal prinsip tentang suatu hal mengalami modifikasi dari waktu kewaktu sehingga terkadang makna dari suatu hal menjadi tidak kelihatan lagi atau luntur.

Jika yang dimodifikasi itu adalah benda, maka modifikasi tersebut tentulah sangat diharapkan karena benda yang disempurnakan tersebut akan lebih bermanfaat dalam membantu pemiliknya dalam mengatasi permasalahan dalam kehidupan, misalnya handphone yg selalu semakin sempurna yg membuat pemiliknya memudahkan pekerjaannya atau dipenuhi kebutuhannya dlm hal komunikasi.

Namun, bila yang diutak atih itu adalah suatu paham, ajaran maka akibanya sangat fatal. Bagaimana tidak, kelahiran yesus yang sangat sederhana bahkan nyaris hina, saat ini diperingati dengan situasi yang sangat kontradiktif jika dibandingkan dengan kisah yesus ketika lahir.

Apa hubungannya pohon natal dgn hari natal? apa hubungannya santa claus dgn hari natal? Apa hubungannya mobil baru, baju baru, anak kecil yg merengek2 minta kado natal, pulang kampung dsb dengan hari natal? semua ini adalah akibat kreatifitas yang salah sasaran, memang kita bahagia dihari natal sehingga kita saling mengucapkan ‘selamat hari natal’ tapi hakekat natal telah diselubungi oleh segala macam budaya, pendapat, pikiran, penafsiran sehingga menghasilkan hari natal gemerlap.

Oleh karenanya marilah kita bijaksana dalam menjaga kemurnian natal yang kudus, sakral dan khidmad sehingga makna natal jangan disalah tafsirkan oleh generasi dimasa depan.

Selamat hari natal kepada dunia!

Salam,
jtn

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s