S A R A

Peristiwa kerusuhan bernuansa sara kembali melanda bangsa indonesia. Dalam minggu ini terjadi dua kasus besar yg intinya adalah kesewenang wenangan pihak yang merasa mayoritas terhadap kaum minoritas, dimana terjadi pembunuhan dan pembakaran rumah dan tempat ibadah, yaitu di banten dan temanggung.

Pada dasarnya sikap arogan dimiliki oleh setiap orang, demikian pula dengan binatang namun manusia berbeda karena ada aturan yang mengikat.

Aturan yg membatasi arogansi harus selalu dipelihara, dievaluasi karena jika rapuh maka sikap arogansi yang selalu mengancam akan dengan mudah melahap membunuh dan sebagainya.

Pihak negara sebagai pengelola bangsa ini tidak boleh lengah terhdap ancaman arogansi dan harus senantiasa memonitor jika ada tanda tanda ada pihak yg berencana melakukan penyerangan sebagai penyaluran arogansi.

Jika sikap arogansi ini dapat lolos, maka dapat dipastikan bahwa pihak negara telah lalai dalam menjaga dan melindungi warganya.
Pihak negara telah lalai dan kecolongan tanpa alasan yg jelas.

Kenapa negara kecolongan?
Bisa jadi karena negara terlalu sibuk mengurus hal hal yg dianggap lebih penting, sehingga konsentrasi negara tidak merata, dan ini juga sebagai indikator bahwa institusi negara lemah dan goyah.

Suharto mampu berkuasa 32 tahun karena mampu mengelola sikap arogansi warga, namun ketika goyah, maka kerusuhan sara pembakaran pembakaran gereja diberbagai lokasi dan pada akhirnya rezim suharto jatuh.

Sebaiknya pemerintah menjadikan kasus sara ini sebagai idikator bahwa adanya ancaman penurunan kekuatan kekuasaan, maka penguasa harus tanggap untuk bangkit melawannya dan tampil sebagai pelindung warga, jangan dibiarkan karena jika dibiarkan hal ini justru akan menyerang negara dan akan melemahkan penguasa, kecuali memang negara dalangnya.

Salam,
john taufan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s