Lata belakang rivalitas banca dan real madrid

Sejarah perjuangan kemerdekaan Catalan dari peperangan antara tentara Islam Cordoba(yang semasa itu tidak lagi mengikut ajaran Islam) kerana tenggelam dengan kekayaan,khalifah di Cordoba sanggup membina sebuah bandar untuk gundik kesayangannya bernama Medina Az- Zahra,dan semasa itu tentara Frank(kini Perancis) berperang untuk merampas dari Islam Cordoba yang berpusat di Andalusia. Catalan sementara itu,mau mentabir negara dengan sendiri setelah khalifah tidak lagi membela nasib mereka yg hanya mementingkan kekayaan semata-mata.
Zaman itu Joan Camper, pengasas FC Barcelona yang berbangsa Swiss mau menubuhkan klub sepakbola di Barcelona. Sebelas orang datang mau menyertai Camper, Walter Wild, Lluís d’Ossó, Bartomeu Terradas, Otto Kunzle, Otto Maier, Enric Ducal, Pere Cabot, Carles Pujol(kebetulan?), Josep Llobet, John Parsons dan William Parsons. Sekitar 1920an, Camper terpaksa melepas jabatan karena diktator Castilia Sepanyol Miguel Primo de Rivera (yang ni sebelum Franco) meletakkan dasar”Spanyol untuk Spanyol”. Primo Rivera bertindak dengan menutup stadium Barcelona di Carrer Industria (ini stadium pertama FC Barcelona) pada 1925.
Setelah Republik Sosialis Spanyol (dikenal Second Republic) ditumbangkan dan Francisco Franco mengambil alih kerajaan selepas kerajaan republik sosialis yang dipilih rakyat ditumbangkan, bahasa Catalan dan bendera Catalan diharamkan. Siapa yang mengibarkan bendera Catalan akan ditembak.Siapa yang berbicara bahasa Catalan akan ditembak.
Duo diktator Spanyol, Primo de Rivero dan Jend. Franco adalah penggermar berat Real Madrid . Pada6 Agustus 1936, Presiden Barça saat itu, Josep Sunyol dibunuh oleh sekelompok tentara Jenderal Franco. 16 Maret 1938, markas Barça dijatuhi bom. Lepas perang saudara, Jend Franco memasukkan pendukung setianya ke jajaran pengurus klub Barça. Salah satunya Enric Pineyro, yang diangkat menjadi presiden Barça di 1940-1943. Dampaknya nama FC. Barcelona diganti menjadi Club de Futbol Barcelona, agar berbau spanyol. Tak hanya itu, garis merah di emblem klub diganti dengan hanya empat strip. Bendera Catalan juga dihapus dari lambang Barça.
Lebih gilanya lagi pada semifinal Copa del Rey 1943 Pada leg 1, Barça unggul telak 3-0 atas Madrid saat menjadi tuan rumah. Namun, saat leg 2 di Madrid, pemain Barça mendapat intimidasi hebat dari suporter Real Madrid termasuk Jend Franco. Pengawal Jend Franco masuk ke ruang ganti Barça dan mengancam para pemain Barça Pengawal mengatakan membawa bola ke daerah pertahananMadrid dapat dianggap sebuah tindakan tidak patriot kpd rezim Jend Franco. Hasilnya? Barça kalah telak 1-11 atas Madrid. G sampai di situ, Barçadijatuhi denda karna dianggap memprovokasi penonton, denda dilipatgandakan karna protes akan denda pertama.
Tahun 1957, eL Barça mendapat sumbangan dr dermawan , Nou Camp siap dibangun . Sumbangantidak hanya datang dari Barcelona, tetapi seluruh Spanyol yang menentang Francisco Franco dan Real Madrid. Nama klub sendiri menjadi FC Barcelona dan lambang kembali pada tahun 1973. Dan pada tahun 1974, setelah si kutu tua Franco mampus, barulah Barcelona dan FC Barcelona menggunakan bahasa Catalan.
Di era tumbangnya Jend Franco, Barça tidak mendapatkan tekanan dari penguasa, dan membantai Madrid di beberapa El Clasico. Pada tahun 1974, Johan Cruijff dkk membantai Real Madrid 0-5 di Santiago Barnebeu !! Pada tahun 1995, Romario mencetak hattrick saat Barça mempermalukan Real Madrid 5-0 di Camp Nou#infobarca Pada tahun 2009, Messi, Henry, Puyol, dan Pique bergantian memberondong Madrid 2-6 di Santiago Barnebeu !! Pada tahun 2010, giliran Villa, Pedro, Xavi dan Jeffren kembali mempermalukan Real Madrid 5-0 di Camp Nou!!!!!
Perjuangan FC Barcelona bukan sekedar klub sepakbola. Ia lebih dari itu. Karena itu slogannya”Mes Que Un Club”. Lebih dari sebuah klub.
Visca eL Barça 1899
Rivalitas Barça – Madrid terjadi karna alasan yg komplek.

Sumber: http://apiel.xtgem.com/Biografi%20FCbarcelona

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s